Home

Jumat, 27 Maret 2015

Guns N' Roses

Guns N' Roses atau GNR merupakan sebuah kelompok group musik band beraliran hard rock asal Amerika Serikat yang mana band tersebut berdiri semenjak tahun 1984 dan telah diresmikan pada waktu bulan Maret 1985. Anggota yang menjadi pendiri di GNR ialah Axl Rose yang mana dia merupakan mantan vokalis dari Hollywood Rose 1an Tracii dan juga adalah seorang mantan guitaris L.A Guns. Group band yang didirikan di kota Los Angeles, yang mana personilnya sering kali bergonta-ganti dan bahkan sosok Tracii Guns pun mulai hengkang dari band tersebut itu.

Bermula ketika tahun 1983, saat itu setelah ia gagal bergabung bersama Poison yang mana bersama dengan teman masa kecilnya, Steven Adler yang mana mereka bersama-sama untuk membentuk sebuah band Road Crew. Slash telah menempatkan sebuah iklan di secercah koran buat bassist, dan ketika setelah itu ia pun dapat menerima sebuah jawaban dari seorang yang bernama Duff McKagan. Saat band Road Crew telah bubar, Slash lalu ikut bergabung bersama band lokal seperti Black Sheep.

Yang mana band tersebut diketuai oleh seorang bernama Willie Bass, band tersebut lalu saling berbagi seorang agen sama band yang lainnya, yang mana kita kenal ialah Hollywood Rose.
Pada tahun 1984, kedua dari band tersebut telah membuka ruang buat band seperti Christian Metal Stryper. Dan setelah pertunjukan tersebut selesai, Slash dan juga leader singer Axl Rose pun telah diperkenalkan oleh salah satu temannya. Keduanya dengan begitu cepat menjadi sahabat yang sangat akrab, dan setelah sekian lamanya dalam beberapa bulan, Slash dan juga Steven Adler pun diundang buat bergabung dengan bersama Axl Rose, Duff McKagan serta Izzy Stradlin yang mana mereka tersebut sebagai personil dari band Guns N' Roses.

Band Guns N' Roses ini sangat begitu top dan begitu terkenal semenjak era 80-an dan juga 90-an. Pada saat pertama band mereka melejit ialah lewat sebuah album di tahun 1987 (Appetite For Destruction) yang mana dengan lagu hits-nya seperti Sweet Child O'Mine, Welcome To The Jungle dan juga Paradise City, lalu mereka merilis sebuah album akustik yang telah mereka beri sebuah nama G N' R Lies yang dengan lagu hits-nya Patience dan juga kemudian mereka menerbitkan sebuah dua album yang berbarengan seperti Use Your Illusion 1 serta Use Your Illusion 2 yang mana itu juga sangat begitu melejit serta meledak dengan ada beberapa tembang hits-nya yang fenomenal diantaranya Don't Cry, Civil War, November Rain, Knockin' On Heaven's Door dan juga Estranged. Album seperti The Spaghetti Incident? Yang mana sudah mereka lepas di tahun1993 yang nampaknya itu adalah sebuah pertanda berakhirnya dari kejayaan sebuah band GNR. Album tersebut yang berisi tembang-tembang daur ulang dari beberapa artis lain yang tak bisa mampu meraih keuntungan layaknya seperti pada album yang sebelumnya. Band Guns N' Roses berada di masa puncak kejayaannya mereka ketika berformasi Axl Rose leader vocal / piano, Slash Snakepit guitaris, Izzy Stradlin Rhythm guitaris, Duff McKagan bassist, Dizzy Reed keyboards, Mat Sorum drummer.

Dan personil yang sering dikenal atau paling populer ialah Axl Rose leader vocal/piano di tahun 1985 sampai sekarang, Slash Snakepit leader guitar tahun 1985-1996, Izzy Stradlin rhythm guitar tahun 1985-1991, Steven Adler drummer tahun 1985-1990, Duff McKagan bassist tahun 1985-1998, Matt Sorum drummer tahun 1990-1997, Dizzy Reed keyboard/backing vokal/percussion/piano tahun 1990 sampai sekarang dan yang terakhir Gilby Clarke rhtyhm guitar tahun 1991-1994.

Jika ada group band rock yang nama band-nya paling bersinar di awal tahun era 90-an, bisa jadi ya itu adalah band dari Guns N' Roses tersebut. Hal tersebut bisa dilihat dengan sejumlah lagu mereka yang sangat begitu sering banyak diputar atau dinyanyikan sama orang lain seperti tembang You Could Be Mine yang mana lagu tersebut menjadi soundtrack dari Terminator 2 - Judgement Day. Sayangnya band tersebut seperti band yang lainnya, GNR ketika itu diguncang dengan beberapa masalah seperti perseteruan diantar personilnya yang mana salah satunya mereka telah tenggelam dalam sebuah penggunaan barang terlarang seperti obat bius dan juga alkohol. Dan bahkan, sekarang ini pun tinggal hanya Axl Rose doang yang masih tetap bertahan di GNR, sementara untuk personil lainnya mereka hengkang dengan baik-baik atau juga di keluarkan secara langsung oleh leader-nya yang mempunyai sifat tempramen. Dan yang terakhir, reputasi dari GNR sendiri pun sudah semakin tercoreng ketika dibawah komando oleh Axl Rose, band tersebut berulang kali selalu gagal dalam merilis sebuah album yang terbarunya dengan tema Chinese Democracy.

Kabar yang terakhir ini bisa juga menjadi sebuah tanda yang bagus buat GNR yang bakal kembali lagi ke formasi yang awalnya. Kabar berita yang menghebohkan tersebut di lontarkan oleh Steven Adler yang pertama kali berbicara mengenai kabar itu. Dia berkata, "Aku sudah bertemu kembali dengan Axl dalam beberapa waktu yang lalu dan kita berdua telah membicarakan semua perseteruan diantara para personil". "Aku sudah melontarkan sebuah ide tersebut kepada dirinya agar para personil dari GNR yang lama bisa mau tampil bersama, yang mana hal tersebut bisa menjadi sebuah reuni yang terbesar didalam sejarah musik. Saat ucapan itu aku lontarkan, Axl hanya menanggapi dengan sebuah senyuman dan tertawa. Namun anda jangan salah, justru para anggota yang barunya ternyata pun sama antusiasnya dengan apa yang aku inginkan". "Mereka semua langsung membujuk leader dari GNR yakni Axl yang menyebutkan bahwa hanya kamilah formasi yang paling terbaik dalam sepanjang masa untuk band Guns N' Roses. Untuk mengenai masalah itu, aku sudah berbicara bersama Slash Snakepit dan juga Izzy Stradlin, dan al hasil mereka pun sangat begitu antusias banget dengan adanya acara seperti itu, hanya saja itu tergantung Axl", ujar Steven Adler.
GNR menjadi salah satu band rock yang terbesar di belahan bumi ini pada era tahun 90-an ketika double albumnya mereka yang berjudul “Use Your Illusion” yang meledak di pasaran dengan hebat. Dengan sebuah formasinya yang saat itu terdiri dari Axl Rose – Leader vokal, Slash Snakepit – Guitaris, Izzy Stradlin – Rhythm Guitaris, Duff McKagan – Bassist, Dizzy Reed – Keyboard dan juga Mat Sorum – Drummer. Saat waktu tanggal 17 bulan September 1991 band GNR telah menjadi sebyah band yang terhebat dan terbaik di dunia. Ratusan toko banyak yang menjual lagu-lagu hits GNR hingga pagi hari, dan itu pertama kalinya di dalam sejarah, dan kedua album tersebut telah berada di posisi peringkat yang pertama serta kedua yang album terlaris dari versi Billboard yang terletak di AS.

Nama kebesaran serta kesuksesan yang diraih band Guns N’ Roses di saat masa para personilnya yang begitu sangat solid. Yang mengejutkan ialah Izzy Stradlin dengan secara mengejutkan ia mengundurkan diri dari band GNR pada pertengahan sejumlah konser tour-nya. Lalu posisi Izzy sendiri pun digantikan oleh seorang guitar bernama Gilby Clarke saat pertengahan konsernya. Anda bisa melihat pula di salah satu lagu video klip-nya yang hits seperti “Don’t Cry”, di video klip tersebut terselip sebuah gambar saat salah satu masyarakat yang fans banget sama GNR menempelkan sebuah kertas bertuliskan di belakang tubuhnya “Where’s Izzy???” Yang mana artinya bahwa para fans-fans GNR sangat begitu kehilangan seorang Izzy. Singkat cerita berikut nama-nama dari personil GNR yang dahulu hingga sekarang:

Personil Guns N’ Roses Pertama


  • Axl Rose : Leader vokal, Piano – 1985 present
  • Slash Snakepit : Leader Guitaris – 1985-1997
  • Izzy Stradlin : Rhythm Guitar – 1985-1991
  • Duff McKagan : Bassist – 1985-1998
  • Steven Adler : Drmmers – 1985-1990

Personil Guns N’ Roses Sekarang


  • Axl Rose : Leader Vokal, Piano – 1985 present
  • Bumblefoot : Leader Guitaris – 2006 present
  • DJ Ashba : Leader Guitaris – 2009 present
  • Richard Fortus : Rhythm Guitar – 2002 present
  • Tommy Stinson : Bassist – 1998 present
  • Frank Ferrer : Drummer – 2006 present
  • Dizzy Reed : Keyboard, Piano – 1990 present
  • Chris Pitman : Keyboard, Programming – 1998 present

 

0 komentar:

Posting Komentar